TIPS MUDAH MENENTUKAN TEMA PERNIKAHAN SESUAI BUDGET

53109506_387054138516087_5703098235016674562_n

Bagi sebagian besar pasangan, pernikahan adalah pertama kalinya Anda harus berpikir tentang merencanakan acara besar, apalagi membuat anggaran pernikahan. Itu berarti banyak orang mulai merencanakan dengan cara yang sama. Pertama, Anda berpikir tentang pernikahan yang Anda inginkan. Kemudian Anda berpikir tentang seberapa nyaman pengeluaran Anda dan kemudian Anda berharap sangat keras agar kedua konsep tersebut cocok.

Masalahnya adalah, hampir tidak mungkin untuk mengetahui berapa biaya acara yang Anda bayangkan sampai Anda mulai masuk ke dalam seluk beluk perencanaan. Begitulah akhirnya Anda membaca hal-hal tentang anggaran pernikahan yang dimulai dengan, “Kami menetapkan anggaran 50 Juta misalnya, tetapi begitu kami mulai benar-benar merencanakan, jumlah itu dengan cepat naik tiga kali lipat.”

Media ingin kita berpikir bahwa pasangan ini baru saja terjebak dalam harapan industri pernikahan seperti wedding organizer Surabaya dan menghabiskan uang untuk membeli paket pernikahan. Pada kenyataannya? Pelakunya adalah mereka berpikir bahwa sewa kursi berharga 100 ribu padahal sebenarnya harganya 1 Juta. Atau mereka tahu ayah mereka akan patah hati jika mereka hanya menyajikan makanan ringan seperti nasi kotak saja dihari pernikahan. Kemudian ternyata bahwa satu-satunya fotografer pernikahan di daerah mereka yang tidak menyambut dengan baik untuk budget pernikahan. Selanjutnya hal yang terjadi adalah kenaikan kenaikan harga yang terus meningkat pesat.

Lalu, trik seperti apa yang harus digunakan untuk mengadakan pesta impian atau tema pernikahan impian sesuai budget? Simak saja penuturan berikut ini.

  1. Pikirkan Dulu Jenis Pernikahan Impian

Berfikirlah sejenak, apakah jenis pernikahan impian Anda sangat realistis? Pikirkan tentang penampilan, gaya, orang-orang, dan emosi  semua bagian yang akan membuat pernikahan Anda unik bagi Anda berdua. Saya sering memberi tahu pasangan untuk memikirkan pernikahan yang pernah mereka kunjungi atau lihat, dan mencari tahu kata-kata untuk menggambarkan pernikahan mereka. Karena kesenangan dan kemewahan dapat hidup berdampingan hanya sementara. Misalnya, Anda mungkin ingin pernikahan Anda sederhana dan rileks seperti sepupu Anda tahun lalu, tetapi mengusung konsep atau tema sedikit lebih formal. Anda bahkan dapat mulai menjadi lebih spesifik, berpikir: “akad nikah secara sederhana dengan olahan menu catering di Surabaya sudah menjadi hal yang diinginkan”.

  1. Bermain dengan Logika

Anda sekarang harus memiliki jumlah tamu awal, gagasan tentang berapa banyak uang yang akan Anda belanjakan, dan visi tentang bagaimana pernikahan Anda akan terlihat dan terasa dengan informasi ini, sekarang saatnya untuk mencari tahu apakah itu memungkinkan. Kebenaran yang tidak adil tentang pernikahan (dan uang pada umumnya) adalah bahwa kadang-kadang hal-hal yang kita inginkan akan berhasil, tidak akan terjadi. Ini adalah fase “semakin nyata”. Mungkin Anda memimpikan makan malam besar untuk 250 teman dan keluarga terdekat Anda, tetapi Anda hanya memiliki uang sebanyak 50 Juta untuk dibelanjakan. Bagaimana itu akan dimainkan? Kiat: sementara sebagian besar situs web tidak mencantumkan anggaran pada pernikahan asli yang mereka terbitkan, Anda dapat mulai merasakan bagaimana pernikahan bersatu dengan membaca bebrapa review mengenai berbagai cara untuk mengadakan pesta pernikahan. Misalnya saja Anda hendak memasak hidangan tamu undangan secara mandiri tentu membutuhkan jasa sewa peralatan pesta di Surabaya agar makanan tetap tersaji dengan baik, indah dan nikmat.

  1. Siapkan Anggaran Nyata Pernikahan

Yang paling penting untuk diingat ketika Anda menyusun anggaran Anda adalah bahwa tidak ada dua pernikahan yang sama. Anggaran Anda, dan bagaimana uang dialokasikan, lancar dan pasti akan berubah dan perlu disesuaikan sepanjang proses perencanaan. Tapi pernikahan macam apa yang benar-benar bisa Anda lontarkan di berbagai titik harga? Di mana Anda bisa berkreasi dengan uang yang Anda dapatkan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, berikut ini ikhtisar luas tentang bagaimana beberapa perbedaan anggaran pernikahan mungkin terlihat dalam praktiknya. Sebagai contoh anggaran pernikahan, ada beberapa teman telah berbagai mengenai anggaran pernikahannya tahun lalu, hal tersebut masih bisa dipakai sebagai pedoman meskipun akan memiliki sedikit perbedaan. Anggaran ini tidak dimaksudkan untuk membatasi Anda, tetapi sebagai gantinya membantu Anda memulai brainstorming ide.

  1. Stabilisasi Emosi dan keuangan

Penting untuk dicatat bahwa sama sekali tidak ada cara untuk membuat lembar kerja anggaran pernikahan yang cocok untuk setiap pernikahan Anda. Terlalu banyak variabel, dan tiba-tiba dokumen ini panjangnya dua belas halaman. Sesuaikan angka itu agar sesuai dengan prioritas dan acara Anda. Manfaatkanlah properti atau tempat yang memiliki harga minim atau bahkan tidak memiliki nilai nominal yang harus dikeluarkan. Selain itu, menjaga emosi diri juga perlu dilakukan agar mampu mengatasi berbagai kendala menjelang pernikahan.