6 Langkah untuk Membuka Perusahaan Katering Kurang dari 30 Hari

WhatsApp Image 2019-12-07 at 17.36.50 (1)

Pikirkan Anda membuat sajian masakan atau membuat catering prasmanan sangat mengagumkan? Orang lain mungkin juga berpikir begitu — cukup sampai-sampai mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk memulai bisnis katering Anda sendiri. Tetapi hanya karena Anda seorang juru masak atau tukang roti yang hebat bukan berarti Anda sudah mendapatkan apa yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan katering yang sukses. Mengikuti rencana penelitian pra-peluncuran selangkah demi selangkah, Anda dapat menentukan terlebih dahulu seberapa besar kemungkinan Anda akan dapat mengejar impian Anda untuk memulai bisnis kecil Anda sendiri dan mewujudkannya.

Langkah 1: Meneliti pasar.

Langkah pertama dalam meluncurkan perusahaan katering harian di Jakarta adalah untuk memeriksa siapa lagi yang menawarkan katering di daerah Anda. Periksa menu pesaing Anda, daftar layanan, harga, dan pelanggan mereka. Kunjungi situs web mereka dan lihat apakah Anda dapat dengan cepat menemukan manfaat penjualan unik mereka. Anda mungkin berpikir bahwa katering sukses menjual makanan, tetapi Anda salah. Tentu, Anda mulai dengan makanan Anda, tetapi mengapa pelanggan harus membeli makanan itu dari Anda alih-alih di tempat lain?

Orang-orang yang membeli paket katering pernikahan di Surabaya bisa mendapatkan makanan yang baik dari berbagai penyedia lokal. Ketika mereka berbelanja untuk katering, mereka mencari lebih dari sekadar makanan — mereka mencari keuntungan. Untuk menjadi katering yang sukses, Anda harus menjual kenyamanan, harga terjangkau, menu unik, atau gaya korporat atau layanan sarung tangan putih.

Jika Anda ingin melakukan katering pernikahan rumah di Jakarta untuk pesta pribadi, hubungi teman-teman Anda dengan survei singkat. Tanyakan apakah mereka menggunakan layanan katering, dan minta mereka memberi tahu Anda mengapa mereka menyewa katering tertentu, apa yang mereka sukai dari penyedia dan apa yang akan mereka cari di katering berikutnya.

Langkah 2: Identifikasi pelanggan potensial.

Hubungi rekan-rekan Anda di komunitas bisnis untuk mencari tahu apa yang dicari perusahaan mereka dalam katering untuk membantu Anda menentukan apa yang diinginkan pelanggan potensial Anda. Jika Anda tidak memiliki kontak pribadi yang dapat membantu Anda, hubungi beberapa pelanggan potensial. Biarkan mereka tahu Anda tidak menjual apa pun dan hanya ingin mengajukan beberapa pertanyaan tentang apa yang ingin ditawarkan katering. Tetapi pastikan untuk meluangkan waktu untuk menemukan orang yang tepat di setiap perusahaan untuk dihubungi, jika tidak, Anda kemungkinan akan mendapatkan penghapusan.

Ini akan membantu Anda mengumpulkan informasi tentang layanan yang diinginkan pelanggan korporat di luar makanan (seperti pengaturan, take-down, staf, bar, dll.). Anda dapat mempelajari bagaimana anggaran bisnis ini untuk katering dan seberapa sering mereka menggunakan katering. Wawancara atau pertukaran email ini akan membantu Anda memulai bisnis Anda dengan manfaat atau manfaat yang Anda tahu pelanggan inginkan, alih-alih yang menurut Anda akan mereka inginkan (“Semua orang akan menyukai gerobak dim sum saya!”).

Langkah 3: Pilih niche Anda.

Anda mungkin berpikir Anda harus mulai dengan konsep katering dan meneliti bagaimana memulai bisnis Anda dari sana — tetapi Anda mengasumsikan orang akan menyukai ide Anda dan ingin membayarnya. Dimulai dengan riset pasar dan pelanggan akan lebih membantu Anda memutuskan jenis katering apa yang harus Anda tawarkan. Setelah Anda tahu siapa pelanggan potensial Anda, apa yang mereka inginkan dan berapa kisaran harga Anda, Anda dapat memutuskan apa yang menurut Anda harus Anda tawarkan untuk menarik cukup banyak pelanggan untuk mendapat untung.

Cara Memberi Merek Bisnis Anda: Panduan untuk Pemula memberikan informasi berharga tentang cara menentukan niche Anda, mengembangkan produk atau layanan Anda untuk menargetkan pelanggan tertentu, dan mengelola merek Anda begitu Anda meluncurkan. Anda dapat pergi sangat sempit (acara perusahaan) atau menawarkan berbagai layanan katering di Jakarta. Tetapi jika Anda mencoba untuk menjadi segalanya bagi semua orang, Anda mungkin berakhir menjadi “tidak ada siapa-siapa.” Jika Anda ingin menawarkan beragam layanan katering, buat halaman berbeda di situs web Anda dan buat brosur berbeda atau jual lembaran yang menjual setiap layanan secara terpisah. Opsi ceruk untuk katering kecil meliputi:

• Acara perusahaan (pesta koktail, perjamuan, makan siang eksekutif, acara golf)
Paket Pernikahan di Jakarta
• Pesta anak-anak
• Pesta dewasa (peringatan, lajang, ulang tahun, liburan, pesta makan malam)
• Makan siang kotak
• Konsesi berdiri
• Festival, konser dan acara olahraga

Dalam ceruk pasar Anda, Anda dapat semakin mempersempit layanan Anda dengan berfokus pada jenis makanan tertentu, seperti barbekyu, makanan sehat, vegan, menu kelas atas atau menu terjangkau.

Langkah 4: Memoles dasar-dasar bisnis kecil.

Apa pun jenis usaha kecil yang dijalankan seseorang, pengusaha memiliki sejumlah tugas startup yang umum untuk dilakukan. Ini termasuk mendapatkan izin usaha dari kota atau kota Anda, mendapatkan kotak pos, membuat situs web dan alamat email, melihat ke dalam mendirikan sebuah perusahaan dan membeli asuransi kewajiban. Anda harus memeriksa dengan kota Anda untuk melihat apakah bisnis Anda akan memenuhi persyaratan zonasi dan memeriksa aturan asosiasi pemilik rumah Anda, jika Anda adalah bagian dari HOA. Temukan lebih banyak tip tentang dasar-dasar startup bisnis kecil dengan panduan kami, Cara Menulis Rencana Bisnis dengan Cara yang Benar.

Selain tugas-tugas umum ini, Anda harus menghubungi departemen kesehatan negara bagian Anda untuk menentukan cara mendapatkan lisensi layanan makanan dan apa yang Anda butuhkan untuk memastikan dapur, penyimpanan, transportasi, dan peralatan penyajian Anda memenuhi standar yang diperlukan. Beberapa negara bagian mewajibkan Anda mengikuti kursus dan menjadi manajer makanan bersertifikat, atau menyewa kursus untuk menyiapkan dan menyajikan makanan Anda.

Langkah 5: Jalankan beberapa angka.

Untuk menentukan berapa biayanya untuk memulai bisnis katering di Bogor dan berapa biayanya untuk menjalankannya begitu Anda terbuka untuk bisnis, buat anggaran. Angsuran terbaru kami tentang Penganggaran Usaha Kecil untuk Pemula memberi tahu Anda segala yang perlu Anda ketahui tentang memproyeksikan pengeluaran Anda untuk bisnis kecil baru.

Rencanakan untuk menghabiskan setidaknya beberapa ribu dolar dalam biaya awal untuk meningkatkan dapur dan peralatan memasak Anda, dapatkan lisensi dan izin Anda, perbarui peralatan kantor dan materi pemasaran, dan sampaikan kabar tersebut. Bergantung pada seberapa besar Anda ingin pergi, investasi awal Anda bisa lebih dari $ 10.000.

Langkah 6: Tulis rencana bisnis.

Anda akan lebih mungkin berhasil dengan bisnis katering di Tangerang jika Anda menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan usaha Anda sebelum Anda mulai, alih-alih mencoba mengatasinya ketika mereka muncul. Rencana bisnis tertulis bukanlah dokumen yang sulit dibuat jika Anda mengerjakannya satu per satu. Jangan menemukan kembali roda — cukup ikuti langkah-langkah dalam Cara Menulis Rencana Bisnis dengan Cara yang Benar (disebutkan sebelumnya) untuk mempelajari cara membuat rencana bisnis yang akan menjawab semua pertanyaan Anda sebelum Anda mengambil risiko terhadap dolar pertama Anda.

Gunakan waktumu!

Meneliti cara memulai bisnis katering bukan berarti Anda harus berkomitmen untuk melakukannya. Memulai rencana bisnis tidak memerlukan biaya sepeser pun atau memaksa Anda untuk meluncurkan perusahaan. Jika Anda membagi penelitian dan perencanaan menjadi potongan-potongan kecil yang Anda tangani selama beberapa bulan, Anda akan mendapatkan perasaan yang jauh lebih baik tentang apa yang diperlukan untuk memulai bisnis impian Anda. Ya, Anda dapat melakukan sebagian besar penelitian dalam seminggu atau lebih, tetapi Anda benar-benar tidak perlu bergerak secepat itu.

Jangan membuat diri Anda stres karena berpikir Anda perlu membuat rencana bisnis Katering Anda dalam 30 hari atau kurang. Tetapkan beberapa tenggat waktu untuk menyelesaikan setiap bagian dari rencana bisnis Anda, atau Anda mungkin tidak akan pernah memulai atau menyelesaikan — tetapi jangan menetapkan hanya satu tanggal akhir tanpa peta jalan untuk sampai ke sana.

Kerjakan rencana Anda ketika Anda bersemangat dan tertarik untuk melakukan pekerjaan itu dan Anda akan terkejut betapa cepatnya Anda dapat menentukan apa yang diperlukan untuk meluncurkan bisnis katering Anda.